My Profil

Bahaya Tidur Sambil Mendengarkan Musik

Bahaya Tidur Sambil Mendengarkan Musik | Kalau pada postingan sebelumnya saya share tentang bahaya tidur dengan lampu menyala, ternyata adalagi sob kebiasaan berbahaya tanpa kita sadari yaitu tidur sambil mendengarkan musik. Ya ini saya banget neh kalo ga ada musik atau nonton tv matanya susah merem, kecuali kalo bener-bener cape banget tanpa dengerin musik atau nonton tv juga bisa langsung tepar. Nah bagaimana dengan kebiasaan sobat apakah sama seperti saya,..?! kalau sama ritual ini pelan-pelan dihilangin sob karena ternyata ada efek buruknya juga.. Ko bisa..??

Kebiasaan tidur sambil mendengarkan musik, atau menonton televisi sampai tertidur, atau membiarkan lampu di ruangan menyala terang, memang sulit dihilangkan dan menurut sebagian orang kondisi seperti itu membuat mereka menjadi lebih cepat tertidur. Tetapi pada kenyataannya setelah terbangun mereka merasa lebih tegang (stress). Bahkan ada yang merasa seperti tidak tidur semalaman.

Penjelasannya: Pada saat kita tidur sebetulnya otak tidak pernah tidur. Otak selalu menjalankan aktivitasnya walaupun tidak sesibuk seperti di saat bangun, yaitu menjalankan sistem metabolisme tubuh. Pada malam hari, seiring menurunnya aktivitas tubuh, ritme gelombang otak pun mengalami penurunan. Namun apabila kita tidur sambil mendengarkan musik, televisi dalam keadaan hidup atau lampu ruangan sedang menyala terang, maka gelombang suara atau cahaya yang dipancarkan oleh peralatan tersebut tetap diterima oleh indera pendengaran dan penglihatan kita. Gelombang suara diterima oleh alat pendengaran di dalam telinga dan gelombang cahaya tetap dapat menembus kelopak mata dan diterima oleh retina dan lensa mata. Gelombang-gelombang tersebut akan diteruskan ke otak kita. Otak yang harusnya beristirahat akan kembali terangsang untuk bekerja dan mengolah informasi yang masuk. Apabila hal ini berlangsung sepanjang malam, berarti kita hanya tidur menurut tubuh luar, tetapi tidak menurut otak. Otak akan terus bekerja mengolah informasi yang masuk tersebut. 

Jadi jangan biarkan otak kelelahan karena harus tetap bekerja pada malam hari, sedangkan di siang hari otak juga akan diperas oleh kegiatan rutin kita. Kalau dia mogok, gimana, hayo ?(kaskus)

Share this post!
Facebook Delicious Digg! Twitter Linkedin StumbleUpon
Technorati Google Bookmarks Mixx Yahoo! Newsvine Reddit

Artikel Terkait:

13 komentar:

Elvindinata said...

wadooh,,,ane tiap hari denger musik nih,,,, ternyata ada efeknya juga ya sob,,,mulai hari ini mencoba tidur tanpa alunan musik,,hhehehhee,,thanks sobat:)

pututik said...

betul sekali, yang namanya mendengarkan musik sambil tidur di mobil juga bahaya tuh :D

COMPLETE - ALL in One Blog said...

kalau otak kita mogok bawa aja ke tukang servis otak...
jihahaha...

Asis Sugianto said...

Thx infonya sob, saya sering banget tidur sambil dengerin musik.... ternya banyak efek negatifnya yach....

Ferdinand said...

Wah masa sih Sob.. aku malah tiap hari denger msik dlu klo mau tidur bukannya malah bikin relax otaQ ya??? baru tau aku malah bikin otaQ capek haha....

makasih info'y.. akan diusahakan untuk dikurangi tapi klo gak bisa ywdh hha

Semangat n happy blogging

tiwi said...

waduh ngeri jg..untunglah ak suka tidur dg keadaan yg sunyi..no music he3...kl misua stel musik pst ak suruh matiin..he3..ternyata lbh sehat, tnx dh share sob..

NgePas said...

@All: wah maaf telat.. thnx dah mampir n koment ya.. :D
Happy blogging n tetep semangat..!!!

umy said...

saya jg sering dengerin musik smbil tidur nih

ryuuzaki L ghifari said...

wah.. wah..

pantes emang suka beda rasanya, kalo tidur sambil dengerin musik/ nyalain kom-p rasanya pas bangun malah ga 'fresh', gan!~x( tapi untung kalo untuk lampu emang tiap malem ane matiin..

thx, atas beware-nya..

kalo ada waktu kunjungi ane yah gan...:D

Cara Mengobati Sembelit said...

wah baru tau kalo tidur sambil dengerin musik itu berbahaya , harus lebih diwaspadai nih .

Selimut said...

pantes kadang udah tidur agak lama tp badan terasa blm tidur, rupanya otak ngga istirahat krn sambil ngedengerin radio...

shabrina hanifah said...

Kalau tidurnya sambil denger radio, tapi lampunya mati, gapapa atau sama aja?

自然華麗な said...

Saya banget

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan beri komentar + smiley dengan cara memasukkan kode smileynya NO SPAM...!!! Hatur nuhun sebelumnya..