My Profil

Serpihan Qantas Menyebabkan Kerusakan Pemukiman

NgePas | Serpihan Qantas Menyebabkan Kerusakan Pemukiman - Batam seperti dihujani oleh meteor yang siap meluluh lantakkan kota. Itulah gambaran kondisi kemarin pagi, Kamis (4/11) saat serpihan berjatuhan akibat ledakan mesin kedua sebelah kiri pesawat terbang jenis AirBus A380 milik Qantas.

Pesawat dengan nomor penerbangan QF 32 yang membawa 443 penumpang dan 26 awak itu bertolak dari bandara Changi, dengan tujuan Sidney. Jatuhnya beberapa serpihan yang berada diwilayah Batam centre tersebut, membuat empat rumah warga yang berada diperumahan Puri Emas mengalami kerusakan yang cukup lumayan pada atap dan dindingnya.

Empat rumah tersebut adalah milik Yanestri Blok A1/03, Burhanuddin Blok A1/02, Imelda Blok A2/08, dan Rida Fadli Blok A2/09. Kerusakan yang diakibatkan serpihan yang menimpa rumah, tingkat kerusakannya berbeda beda.

"Saat itu saya baru saja selesai menjemur baju di belakang. Selang satu menit berjalan kedepan, tiba-tiba aja terdengar bunyi ledakan keras. Saya langsung mengira bahwa ledakan tersebut berasal dari kompor gas tetangga belakang rumah. Soalnya dapur dan kompor saya posisinya tak berada dibelakang. Langsung aja saya balik kebelakang dan saya lihat tembok belakang sudah hancur berlubang dan atap rumah pun ikut berlubang. Disitu saya tengok diatas ada benda yang berputar warna abu-abu seperti gir motor jatuh tepat diatap yang berlubang tersebut," ujar Yanestri,55, pemilik rumah blok A1/03 Puri Emas yang tertimpa.

Yanestri melanjutkan, bukan hanya rumahnya aja yang mengalami kerusakan karena tertimpa serpihan dari pesawat terbang tersebut. "Mesin cuci yang saya letakkan di belakang dekat tembok yang berlubang tersebut ikut rusak tertimpa juga. Ya kalau mau minta ganti rugi yang disalahkan saya tak tahu siapa. Ini namanya musibah yang tak diduga," terangnya.

Tak hanya itu, serpihan yang jatuh juga menimpa warga kompleks Anggrek Sari bernama, Nunung (38). "Saya terkejut saat lagi di belakang rumah, tiba-tiba pundak kanan saya tertimpa benda seperti aluminium ukuran kecil. Untung aja ukurannya kecil, kalau sampai ukurannya tadi sebesar pintu tak kebayang apa jadinya. Sebab meskipun serpihan tersebut ukurannya kecil, tapi sangat panas, pundak seperti disulut bara api," ujar Nunung sambil menunjukkan pundak kanannya yang membiru akibat panasnya serpihan yang menimpanya.

Hal serupa juga dikatakan, Titus Karbuy dan Fatmawati, karyawan Servotech di kawasan Walakaka yang juga tertimpa serpihan Qantas. "Saya keasyikan melihat pesawat yang mengeluarkan asap putih tebal tersebut. Tak tahunya dari atas pohon, ada benda ukuran kecil seperti sarang tawon menimpa kepala saya. Untung saat itu saya lagi pakai helm kerja," ujar kedua saksi tersebut.

Setelah dilakukan proses identifikasi dan pengumpulan dari beberapa serpihan yang jatuh oleh petugas kepolisian dibantu, Kementrian Perhubungan, dan petugas Bandara Hang Nadim, diperoleh belasan titik jatuhnya serpihan tersebut. Titik itu diantaranya Cammo Industri diatap PT JMS, kawasan Eden Park, Duta mas, Anggrek Sari, Centre Park, Puri Emas, Anggrek Sari, Politeknik, Komplek Walakaka Industri, Kampung Belian serta Puri Legenda dan Allexandria.

Wakapolda Kepri, Kombes (Pol) Bambang BS yang turut menyaksikan identifikasi ulang di parkiran khusus Mapolresta mengatakan, yang dilakukan pihak kepolisian hanya mendata serpihan dan lokasi jatuhnya pesawat. "Nanti perusahaan penerbangan yang bersangkutan dan kepolisian Australia akan datang untuk memerikan keterangan. Saat ini mereka sedang dalam perjalanan menjuju ke sini. Jadi untuk informasi lebih lengkap nanti bisa langsung kepada mereka," kata Bambang. (jpnn.com)

Share this post!
Facebook Delicious Digg! Twitter Linkedin StumbleUpon
Technorati Google Bookmarks Mixx Yahoo! Newsvine Reddit

Artikel Terkait:

4 komentar:

Kedai Obat said...

Wah info yg menarik kang zezen.. Btw kang lagi ada kontes berhadiah 9 juta, ikut yuk!

Silakan lihat peraturannya di :

http://www.radhityanotes.com/2010/08/info-kontes-seo-terbaru-21-agustus-2010.html

Rizky2009 said...

meskipun serpihannya merusak pemukiman kan itu bukan hal yg disengaja

Ferdinand said...

bener kata Rizky itu kan gak sengaja hhe.... tapi ternyata pesawat maskapai luar juga gak bagus2 amat ya haha.....

happy blogging Sob..

Cerita Dewasa said...

Weh ngeri juga ya bisa gitu

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan beri komentar + smiley dengan cara memasukkan kode smileynya NO SPAM...!!! Hatur nuhun sebelumnya..