My Profil

Tips Bagaimana Supaya Tidak Mengantuk Saat Puasa

NgePas | Artikel Kesehatan Pagi....sebelum melakukan aktivitas saya sempatkn dulu nulis postingan ahh, cz hari ini plng pe sore takutx ga sempat update status utk hari ini,hee... Wah ga kerasa kurang lebih seminggu lagi dah masuk bulan puasa. Bagi sobat  yang akan melaksanakan ibadah puasa semoga bisa menjalankannya sampai full version satu bulan penuh. Nah pengalaman-pengalaman sebelunya ketika berpuasa, saya sering mengalami rasa kantuk tak tertahankan. Gimana dengan sobat..?? Jika ya..hal itu memang wajar. Tapi, apa kiat-kiat yang harus kita lakukan untuk mengatasi kondisi ini saat berpuasa?

Menurut dr. Samuel Oetoro, ahli gizi, penyebab munculnya rasa kantuk yang hebat saat berpuasa adalah karena rendahnya asupan zat besi dalam tubuh. Hal ini mungkin saja terjadi jika sobat kurang menghiraukan mutu gizi makanan selama berpuasa. Untuk mengantisipasi hal ini disarankan sebaiknya banyak mengonsumsi makanan yang kaya zat besi, seperti tempe, oncom, kacang-kacangan, teri kering, sayuran daun hijau dan juga hati serta daging.

Jadi, buah-buahan dan sayuran hendaknya jangan dilupakan saat sahur dan berbuka. Selain bermanfaat sebagai pencuci mulut, buah segar kaya vitamin C yang dapat memacu efektivitas penyerapan zat besi. Seperti jambu biji, pepaya, jeruk, mangga, nanas.

Dan, untuk menjaga stamina tubuh, dr. Samuel juga menganjurkan, "Konsumsilah air putih dalam jumlah yang cukup. Saat puasa tubuh lebih peka terhadap kekurangan air dibanding dengan kekurangan makanan."

Minum air putih semampunya pada saat sahur, tapi jangan sampai membuat kekenyangan. Dengan minum air putih yang mencukupi dapat mencegah kekurangan cairan tubuh (dehidrasi), sehingga badan bisa tetap segar. Batasi makanan-minuman manis pada saat sahur karena gula justru akan memboroskan sediaan energi. Gula hanya membuat kita segar sesaat, tapi setelah itu tubuh akan segera layu.

Selama saat makan malam yang panjang ini pasokan air minum hendaknya diperhatikan pula. Guna melakukan kegiatan rutin harian, setiap orang rata-rata menghabiskan 2.000 Kalori. Untuk menggantikan setiap 1 Kalori energi diperlukan asupan air 1 ml. Dengan demikian, sejak saat berbuka hingga sahur kita harus minum sedikitnya 2.000 - 2.500 ml (1 gelas = 250 ml), agar tubuh tetap segar sepanjang hari.

Nah itu sob tips bagaimana supaya tidak mengantuk saat puasa. Jika sobat mempunyai Trik atau cara lain, kasih tau saya ya... he..

Jelang memasuki dan selama bulan puasa ini saya akan menyisipkan sedikit kata-kata tiap akhir postingan sebagai suplemen rohani. Makasih....Semoga bermanfaat....

"Berpuasalah sebab puasa adalah metode detoksifikasi alami terbaik untuk bersihkan tubuh dari racun dan kotoran yang menumpuk"

Share this post!
Facebook Delicious Digg! Twitter Linkedin StumbleUpon
Technorati Google Bookmarks Mixx Yahoo! Newsvine Reddit

Artikel Terkait:

11 komentar:

Indahnya Kebersamaan said...

Klo ngantuk ya tidur sob :)
Becanda-becanda. Betul bangets tuch, klo nggak puasa juga klo sudah asupan Gizi kurang rasanya nggak semangat bangets

tiwi said...

ini dia info berguna, tepat bgt waktunya bntr lg ramadhan...tempe is the best!..he3..apalg ditambah nasi pecel sepiring, maknyuss...

NgePas said...

@indahnya : hehe.. betul sob.. asupan gizi sngt penting buat tubuh.. skalian biar blogging tambah mngt..
@Tiwi : wah kesukaan tiwi sama dengan kesukaan saya... :q:

etam grecek said...

moga bisa ya...sdh sering saya praktekkan tapi tetep ngantuk nh sob....

NgePas said...

@etam grecek: sama sob, bawaannya ngantuk, lemes. Tp kl tdr siang di bulan puasa katax bagus tuh sob, tp jngn tidur seharian az.. hehe...

adegustiann said...

wah.., pas banget nih.. thanks ya infonya..

Azis Hapiddin Blog said...

Makasih ya buat infonya :)

Anonymous said...

makasih

tips berkendara said...

supaya gak ngantuk ya ngopi ngopi dulu mas :)

Obat Kanker Serviks said...

Postingan yang Sangat bagus tentang tips bagaimana supaya tidak mengantuk dan menarik untuk dibaca .... Saya suka mengunjungi blog ini.

Obat keputihan Herbal said...

thansk ya informasi tentang tips agar pada saat puasa tidak ngantuk dan lesu

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan beri komentar + smiley dengan cara memasukkan kode smileynya NO SPAM...!!! Hatur nuhun sebelumnya..