My Profil

Indomie Dilarang di Taiwan...!!! Mengapa??

NgePas | Indomie Dilarang di Taiwan...!!! Mengapa?? - Alasan Mie Instan Indomie Dilarang Di Taiwan Mengandung Bahan Pengawet Nipagin Untuk Kosmetik. Zat pengawet yang ditengarai menjadi penyebab penarikan mie instan di Taiwan adalah Nipagin atau methyl p-hydroxybenzoate. Zat pengawet ini terdapat pada kecap yang disertakan dalam kemasan mie instan khususnya jenis mie goreng. Akibat Indomie dilarang Taiwan dan ditarik BPOM Indonesia uji ulang kualitas mie instant Indomie. Pemerintah melalui BPOM perlu mengklarifikasi isu penarikan Indomie di Taiwan yang merupakan masalah perang bisnis semata.

Zat pengawet nipagin digunakan dalam kecap mie instan Indomie buatan Indofood. Tapi kalau sausnya menggunaan pengawet lain yaitu asam benzoat. Tentunya, kandungan pengawet dalam Indomie sudah memenuhi syarat aman yang ditentukan. Bahkan, kandungannya jauh sekali di bawah ambang batas yang dapat diterima tubuh untuk konsumsi sehari-hari atau ADI (Acceptable Daily Intake)," ungkap Roy Sparingga, Deputi Keamanan Makanan Badan POM.

Penggunaan Nipagin telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 722 Tahun 1988 tentang bahan tambahan pangan. Apabila dipakai dalam produk kecap, penggunaan batas maksimum adalah 250 mg per kg. Dalam makanan lain, kecuali daging, ikan dan unggas, batas maksimum penggunaan adalah 1.000 mg per kg.

Dari kajian persyaratan di beberapa negara seperti Kanada, Amerika Serikat, batas maksimum nipagin dalam pangan yang diizinkan itu 1.000 mg per kg. Sedangkan di Singapura dan Brunei Darussalam, batas maksimumnya dalam kecap 250 mg per kg dan di Hongkong sebesar 550 mg per kg.

Berdasarkan data Badan POM, hingga saat ini, jumlah produk mie instan yang terdaftar di Indonesia adalah 663 item jenis dalam negeri dan 466 item jenis luar negeri.

Dalam melindungi kesehatan masyarakat, Badan POM secara periodik melakukan sampling dan pengujian produk pangan yang beredar di pasaran, termasuk mie instan. Kepala badan POM Kustantinah memastikan, kalau seluruh produk mie instan yang beradar tidak memiliki kadar pengawet nipagin melebihi batas yang ditentukan.

"Hasil pengujian, dalam lima tahun terakhir, terhadap kecap yang ada dalam produk mie instan, tidak ditemukan adanya kandungan nipagin yang melebihi batas maksimum yang diizinkan," ucap Kustantinah.(kompas.com)

Share this post!
Facebook Delicious Digg! Twitter Linkedin StumbleUpon
Technorati Google Bookmarks Mixx Yahoo! Newsvine Reddit

Artikel Terkait:

13 komentar:

penghuni60 said...

jd itu gak bnr kan sob?
soalnya aku paling suka bgt mkn mie.
td sempet kaget baca judulnya.

Science Box said...

BTW, km bikin artikel ini bkn sebagai sponsor promosi kan??
:D

Ferdinand said...

ah aku mah tetep suka Indomie... itu mah karna Taiwan sirik aja Sob.. orang Indomie yg paling laku haha....

maf baru bisa berkunjung... semangat n happy blogging...

ashtho software easy said...

Waduh.... sebagai mahasiswa saya turut prihatin sob,,, soalnya hampir semua mahasiswa pernah makan indomie ( mie Instant),,,hehehehe bagi yang ngekost sob maksud saya,,,,,

harto said...

itu mah masalah kompetitornya Indomie, masalah bisnis memang saling menjatuhkan lawan, kalau benar2 indomie pake bahan pengawet yang melebihi kadar yaa kenapa taunya kabar dari Taiwan

miwwa said...

Hidup mie instan!! dari: penggemar berat mu. >,<

secangkir teh dan sekerat roti said...

pokoknya mie tiada mati :)

Kedai Obat said...

Loh, aneh, di indonesia kok belum ya? POM kemana aja nih.. makasih infonya sob

DenBaGas said...

Salam

Berkunjung dan silaturahmi kawan. Wah berita tentang mie instant ya (indomie). PAsti persaingan bisnis nih yg buat mie instant ini tidak masuk ke Taiwan...

Salam kawan

Rizky2009 said...

tp katanya indomie yg di tarik dar peredaran di ttaiwan sebenarnya bukan untuk di edarkan disana, mungkin itu ilegal

Gaphe said...

kyaaa... banyak yang ngulas tentang mie kebanggaan Indonesia ini yak?..

hemm.. buat saya sih positif thinking aja.. ambil segi positifnya. hehehe

tiwi said...

asswrwb...hmmm,apapun itu yg mengandung bhn pengawet dan zat2 kimia pst krg bagus untuk tubuh kita, dg catatan bila dikonsumsi scr berlebihan...kl makannya gak sering sih ya aman2 sj lah..ok,...namanya jg persaingan, pst ada unsur 'X' nih kasus pelarangan indomie di Taiwan. La kl Indomie aja dilarang bgmn dg nasib mie yg instan lain?..heheeh..ak sih tetep konsumsi indomie,tp tdk berlebihan..cm sekali2 aja. Lbh senang mkn yg fresh..okay...maju trs produk Indonesia!....

Ulasan Blog said...

pasti karena orang taiwan gak bisa biki indomie

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan beri komentar + smiley dengan cara memasukkan kode smileynya NO SPAM...!!! Hatur nuhun sebelumnya..