My Profil

'STRES', Ternyata Ada Manfaatnya..!?

Wah saya baru tahu Stres ternyata ada manfaatnya juga. Ya selain katanya bisa menaikkan bobot tubuh, ternyata ada juga beberapa manfaat lainnya, tentunya juga ada efek negatifnya dimana stres kronis bisa memicu penyakit jantung, hipertensi, dan gangguan kesehatan lainnya. Akan tetapi, menurut temuan penelitian, stres tingkat sedang justru bisa memperbaiki kesehatan. Ini bisa diterapkan ketika sobat lagi stres sama seperti saya sekarang (he..). Bagi sobat yang penasaran ko bisa sih stress ada manfaatnya..?? Lanjutkan bacanya...

"Aspek positif dari stres juga tidak bisa diabaikan," tutur Ken Robbins MD, seorang profesor kejiwaan dari University of Wisconsin-Madison, seperti dikutip situs health.com.

Saat stres, kelenjar ginjal akan melepaskan sejumlah hormon, termasuk adrenalin yang mempercepat detak jantung dan meningkatkan energi, dan kortisol, yang meningkatkan kadar glukosa dalam aliran darah. Saat tubuh sobat dibanjiri oleh zat kimia ini selama berminggu atau berbulan-bulan, sobat akan mulai merasakan penyakit.

Tapi untuk jangka waktu singkat (seperti sehari atau kurang), stres bisa membuat tubuh lebih efisien dan pikiran lebih tajam. Berikut cara menggunakan stres tanpa membiarkan stres menggunakan kita:

Stres bisa membuat lebih cerdas: Gunakan sebagai strategi
Penelitian dari The Rockefeller University di New York City dan the University of Buffalo menunjukkan bahwa stres bisa menguatkan proses pembelajaran dan memori. Hal ini merupakan efek dari peningkatan jumlah kortisol di otak. Jadi, saat sobat terlalu cemas untuk tidur, jangan memaksakan diri. Duduklah di dekat laporan atau tugas-tugas sobat yang belum selesai. Kerjakan kembali saat sobat merasa lebih tenang.

Stres bisa membuat lebih manis: Gunakan untuk menguatkan hubungan
Saat stres, tubuh akan mengeluarkan oxytocin, hormon yang menguatkan ikatan. Karena itu, gunakan waktu ini untuk menghubungi teman dekat sobat atau berhubungan dengan teman-teman melalui jejaring sosial, seperti Facebook.

"Perempuan cenderung mencari dukungan sosial saat merasa stres," terang Paul Rosch MD FACP dari New York Medical College. Oxytocin, lanjut Rosch, bisa membantu memastikan agar kadar stres sobat tidak melewati batas.

Stres bisa membuat lebih sehat: Gunakan untuk memulihkan tubuh
Semburan stres bisa menyiapkan tubuh melawan gangguan di masa depan. Stres, menurut temuan studi dari Stanford School of Medicine, bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh. Dan sobat tidak perlu melakukan apa pun, cukup menikmati manfaat perlindungan dari stres jangka pendek.

Nah itu manfaat stress,, sekarang terserah sobat mau milih mana.. pengen stress atau ngga.. hehe..!!

Share this post!
Facebook Delicious Digg! Twitter Linkedin StumbleUpon
Technorati Google Bookmarks Mixx Yahoo! Newsvine Reddit

Artikel Terkait:

6 komentar:

Paksi Dirgantara said...

oh, ternyata stress banyak manfaatnya toh. Q pikir slama ini stress itu hasilnya serba negativ, thanx infona gan

NgePas said...

iy sob,, ni ane gi stress mikirin pacar!! :q:

FAISAL HILMI said...

ini baru hipotesa...

syahidacomputer said...

Betul juga, tapi tinggal orang nya juga seh ...Meski ada manfaatnya ... aku gak mau ah kena stress ...

NgePas said...

@Faisalhilmi: betul sob, tapi ni hanya untuk stress jangka pendek,, kl stress mulu malah jd penyakit.. he.. thx
@Syahidacomputer: saya jg ga mau stress sob, thx dah mampir..

anak nelayan said...

nice info sobat

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan beri komentar + smiley dengan cara memasukkan kode smileynya NO SPAM...!!! Hatur nuhun sebelumnya..