My Profil

Sumber Radiasi di Sekitar Kita

NgePas | Sumber Radiasi di Sekitar Kita - Setelah tadi pagi ada kabar Hotnews dari Pinkan Mambo Pindah Agama. Sekarang saatnya baca-baca tentang artikel kesehatan. Kali ini akan share tentang sumber radiasi yang ada disekeliling kita. Tanpa disadari ternyata disekeliling kita selain dikelilingi teman-teman bloger, ternyata dikelilingi juga dengan sumber-sumber radiasi yang mengancam kehidupan. Berbagai sumber radiasi bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Meski bukan dalam dosis yang mematikan, kontak dengan sumber-sumber radiasi tersebut sebaiknya dibatasi karena dapat meningkatkan risiko berbagai jenis kanker. Manusia hanya akan mati jika terkena radiasi dengan intensitas di atas 1 juta milirem. Namun setiap 10.000 milirem bisa meningkatkan risiko kanker hingga 1 persen. Nah maka dari itu, WASPADALAH,,WASPADALAH...!!! :D


1. Rokok.
Tanpa ada radiasi sekalipun, rokok sudah memiliki segalanya untuk menyebabkan kanker. Berbagai senyawa yang terkandung dalam rokok merupakan karsinogen atau pemicu kanker misalnya arsen, benzen, dan hidrogen sianida. Risiko kanker makin meningkat karena rokok juga merupakan sumber radiasi karena mengandung molekul polonium dan timbal radioaktif. Molekul-molekul tersebut memancarkan radiasi hingga 1.300 milirem pertahun pada perokok yang rutin mengonsumsi 1,5 bungkus dalam sehari.

2. Penyinaran medis.
Intensitas radiasi pada penyinaran medis bervariasi tergantung jenisnya. Sinar-X untuk memeriksa persendian misalnya, hanya menghasilkan radiasi yang sangat kecil yakni sekitar 10 milirem. Namun penyinaran organ dalam seperti pada kolonografi mampu menghasilkan radiasi hingga 10.000 milirem, cukup untuk menaikkan risiko kanker hingga 1 persen. Risiko ini tentunya harus diambil jika ada kemungkinan menderita kanker usus dan ada anjuran dari dokter untuk melakukan prosedur tersebut.

3. Perjalanan udara.
Perjalanan jauh dengan menempuh jalur udara akan memberikan paparan radiasi meski dalam intensitas kecil. Tiap menempuh jarak 4.890 mil atau sekitar 7.870 km, radiasi yang dihasilkan hanya sekitar 6 milirem. Namun itu belum termasuk radiasi yang diperoleh di pos pemeriksaan keamanan bandar udara yang intensitasnya berkisar antara 10 milirem. Jika dalam sekali penerbangan harus menjalani 2 kali pemeriksaan, maka total radiasi yang didapatkan adalah 26 milirem.

4. Menonton televisi.
Di atas usia 2 tahun, rata-rata orang menghabiskan waktu 4,5 jam di depan televisi. Kebiasaan ini juga memberikan paparan radiasi meski sangat kecil, yakni sekitar 1 milirem yang dihasilkan dari penghantaran arus listrik.

5. Tinggal di dataran tinggi.
Lokasi tempat tinggal mempengaruhi besarnya paparan radiasi, karena perbedaan lapisan udara. Di dataran tinggi, sinar ultraviolet yang lebih tinggi memberikan selisih radiasi sekitar 26 milirem lebih tinggi dibanding tinggal di dataran rendah.

6. Telepon genggam.
Intensitas radiasi yang dipancarkan oleh telepon genggam jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan mesin sinar-X misalnya. Namun ini tidak mengurangi bahayanya, mengingat perangkat ini sangat sering digunakan. Terlebih karena digunakan di sekitar kepala, para ahli mengkhawatirkan radiasi tersebut akan terakumulasi dan menyebabkan kanker otak. Risiko pada otak bayi dan anak-anak lebih tinggi, karena sel-sel otak sedang berada dalam masa pertumbuhan.(detikhealth)

Share this post!
Facebook Delicious Digg! Twitter Linkedin StumbleUpon
Technorati Google Bookmarks Mixx Yahoo! Newsvine Reddit

Artikel Terkait:

7 komentar:

Dhana/戴安娜 said...

salam sahabat
ehm ternyta menonton tv ada kaitannya juga yach good luck mas

Dodi said...

Ah sial dari keenam sumber radiasi tersebut ada disekeliling saya .

Ferdinand said...

Waduh banyak juga y Sob haha.... tapi kayanya ada satu yg kelupaan Sob... mantengin layar PC atau Laptop juga klo kelamaan bermasalah tuh wkwkwk.. mentang2 NG'blog gak ikut kesebut tuh haha....

Semangat n Happy blogging Sob.. kerja rodi nie postingannya sampe 3 jilid hhe..

ashtho software easy said...

Waduh.... ternyata di sekitar kita banyak sumber radiasi yach sob???? Thx uda ngasih infonya... sukses selalu sob...

tiwi said...

hmmm.. sebisa mgkin jgn terlalu sering terkena sumber2 tsb lah....spy badan sehat!..tp gmn mo jauh dr ponsel ya?!?...he3..salam.

HACKER STYLE said...

kalau di depan laptop atau pc bisa terkena dampak radiasi juga gak ya . . . ?

Pharm's Secret said...

saya paling ga suka asap rokok,, :(

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan beri komentar + smiley dengan cara memasukkan kode smileynya NO SPAM...!!! Hatur nuhun sebelumnya..