My Profil

Cara Meningkatkan Kepatuhan Minum Obat

Sebelum lebih jauh mengenal bagaimana Cara Meningkatkan Kepatuhan Minum Obat, ada beberapa hal lebih dahulu yang harus diketahui:

Definisi Kepatuhan (Compliance)
Kepatuhan dalam pengobatan dapat diartikan sebagai perilaku pasien yang mentaati semua nasehat dan petunjuk yang dianjurkan oleh kalangan tenaga medis, seperti dokter dan apoteker. Mengenai segala sesuatu yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan pengobatan, salah satu diantaranya adalah kepatuhan dalam minum obat. Hali ini merupakan syarat utama tercapainya keberhasilan pengobatan yang dilakukan.

Definisi Concordance
Concordase adalah suatu proses pengobatan, dimana pasien dan tenaga kesehatan menjadi mitra bersama dalam mencari solusi terbaik untuk setiap masalah kesehatan yang dihadapi oleh pasien. Pasien dan tenaga kesehatan membuat kesepakatan bersama tentang pengobatan dan perawatan masalah kesehatan yang dihadapi oleh pasien.

Cara Meningkatkan Kepatuhan
Ada beberapa cara untuk meningkatkan kepatuhan (Australian College of Pharmacy Practice, 2001; Drennan.V, Graw.C,2000), antara lain:
  • Memberikan informasi kepada pasien akan manfaat dan pentingnya kepatuhan untuk mencapai keberhasilan pengobatan.
  • Mengingatkan pasien untuk melakukan segala sesuatu yang harus dilakukan demi keberhasilan pengobatan melalui telepon atau alat komunikasi lain.
  • Menunjukkan kepada pasien kemasan obat yang sebenarnya
  • Memberikan keyakinan kepada pasien akan efektivitas obat dalam penyembuhan.
  • Memberikan informasi resiko ketidakpatuhan.
  • Memberikan layanan kefarmasian dengan observasi langsung, mengunjungi rumah pasien dan memberikan konsultasi kesehatan.
  • Menggunakan alat bantu kepatuhan seperti multikompartemen atau sejenisnya.
  • Adanya dukungan dari pihak keluarga, teman dan orang-orang sekitarnya untuk selalu mengingatkan pasien, agar teratur minum obat demi keberhasilan pengobatan.
Untuk informasi lebih lengkapnya, saya akan share dipostingan selanjunya, jadi jangan berpindah channel, stay in NgePas, :)
Semoga bermanfaat...

Share this post!
Facebook Delicious Digg! Twitter Linkedin StumbleUpon
Technorati Google Bookmarks Mixx Yahoo! Newsvine Reddit

Artikel Terkait:

1 komentar:

Unknown said...

Boleh minta daftar pustakanya gan?

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan beri komentar + smiley dengan cara memasukkan kode smileynya NO SPAM...!!! Hatur nuhun sebelumnya..