My Profil

Nutrisi Penting Untuk Pria

NgePas | Nutrisi Penting Untuk Pria - Apakah sobat seorang pria...?? Atau malah saat ini sobat sendiri belum tahu sobat itu pria atau wanita?! :D. Nah jika sobat seorang pria / laki-laki ternyata seorang pria itu memiliki risiko lebih besar terkena penyakit kronis yang berhubungan dengan makanan, ini disebabkan karena pria terkesan cuek dengan asupan nutrisinya. Karena itu ketahui nutrisi apa saja yang penting untuk pria, karena risiko terkena penyakit kronis lebih besar terjadi pada pria dibandingkan dengan kaum wanita. Dengan pola makan yang seimbang dan sehat untuk pria akan membantunya memiliki energi atau bahan bakar sesuai kebutuhan dan nutrisi tersebut dapat berguna untuk melawan penyakit kronis.

Seperti dikutip dari Huffington Post, ada 5 nutrisi yang penting untuk pria, yaitu :
1. 9 Porsi buah buahan dan sayuran setiap hari
Rekomendasi yang ada selama ini menganjurkan seseorang untuk makan lima porsi buah dan sayuran setiap harinya, tapi laki-laki membutuhkan porsi buah dan sayuran yang lebih besar dibandingkan kaum perempuan. Hal ini dikarenakan laki-laki 1,5 kali lebih mungkin mengembangkan penyakit jantung dan kanker dibandingkan perempuan, karenanya laki-laki membutuhkan lebih banyak mineral, vitamin dan fitokimia lain untuk melindungi tubuhnya dari penyakit tersebut.

2. Memilih asupan lemak yang lebih baik
Laki-laki harus membatasi asupan lemaknya sebanyak 20-35 persen dari total kalori dan membatasi lemak jenuhnya tidak lebih dari 10 persen. Lemak jenuh ini ditemukan dalam daging merah, susu, mentega dan es krim. Sebaliknya laki-laki perlu mengonsumsi lebih banyak lemak tak jenuh dan lemak polyunsaturated seperti minyak zaitun, minyak canola dan kacang-kacangan.

3. Kalsium dan vitamin D
Laki-laki berusia 18-50 tahun membutuhkan 1.000 mg kalsium per hari dan untuk usia lebih dari 50 tahun membutuhkan 1.200 mg kalsium. Konsumsi vitamin D yang cukup akan membantu penyerapan kalsium tersebut, laki-laki usia 18-50 tahun membutuhkan 200 IU vitamin D, usia 50-70 tahun membutuhkan 400 IU vitamin D dan usia 71 tahun ke atas membutuhkan 600 IU vitamin D. Makanan yang berasal dari susu dan ikan salmon merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang baik. Sementara itu sumber kalsium lainnya adalah bayam, kedelai dan jus jeruk, sedangkan untuk vitamin D termasuk minyak hati ikan cod, mackerel dan kuning telur.

4. Makanan penunjang kesuburan
Sepertiga dari masalah infertilitas disebabkan oleh laki-laki, hal ini karena gaya hidup dan pola makan mempengaruhi kesehatan dari sperma yang dihasilkan. Laki-laki yang mengonsumsi vitamin C dan zink yang rendah akan memiliki sperma yang mengumpul. Karenanya laki-laki membutuhkan 90 mg vitamin C dan 11 mg zink per harinya. Sumber vitamin C ini terdiri dari paprika, buah jeruk, kentang dan melon, sedangkan makanan tinggi zink adalah tiram, ayam, kacang mete, buncis dan sereal.

5. Asam lemak omega 3
Makanan tinggi asam lemak omega 3 akan mencegah orang dari kematian mendadak karena serangan jantung. Laki-laki membutuhkan 500 mg asam lemak omega 3 dan mengonsumsi lemak ikan seperti salmon, tuna atau mackerel dua kali seminggu akan membantu memenuhi kebutuhan laki-laki. Sumber makanan lainnya termasuk biji rami dan kenari.(detikhealth)

Share this post!
Facebook Delicious Digg! Twitter Linkedin StumbleUpon
Technorati Google Bookmarks Mixx Yahoo! Newsvine Reddit

Artikel Terkait:

7 komentar:

Junaedi said...

Tulisan yg bermanfaat, follow balik ke blog saya

yadiebaroos said...

PAS buangetsssss....

secangkir teh dan sekerat roti said...

menyimaks.. :)

harto said...

sepertinya kalo saya makan sering ga teratur, kalo lapar yaaa seketemunya aja. yang penting perut ga kosong n makanannya yang bergizi, sehat dan bersih.
trims atas ilmunya sudah mengingatkan, sukses selalu n tetap semangat

Cara Memperbesar Alat Vital Pria said...

nutrisis pria ini postingan yang sangat menarik serta enak dibaca.... saya berharap bisa berkunjung lagi

Pharm's Secret said...

untuk wanita ada ga..?? hehehe..

Home Generator Waco said...

Hi nice reading yoour post

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan beri komentar + smiley dengan cara memasukkan kode smileynya NO SPAM...!!! Hatur nuhun sebelumnya..